Mies Van der Rohe , Arsitektur Modern

Ludwig Mies Van der Rohe adalah seorang Arsitek Jerman kelahiran tahun 1886, yang bersama dengan Walter Gropius dan Le Corbusier dikenal sebagai salah satu “empunya” Arsitektur Modern . Dia mengkerasikan sebuah gaya Arsitektur, dengan pernyataan kemurnian dan kesederhanaan (clarity and simplicity) .Dia menyebut bangunannya sebagai “Kulit dan Tulang” dan melakukan pendekatan rasional yang bisa mengarahkan proses kreatif dalam disain Arsitektur , atau sering dikenal dengan ungkapan “Less is More” .

Mies mulai bekerja pada toko pahat milik ayahnya dan beberapa firma disain lokal .Karir arsiteknya dimulai pada saat dia bekerja magang pada Studio Peter Behrens dari 1908-1912 , di mana dia bekerja bersama Walter Gropius dan Le Corbusier . Karir profesional independennya dimulai dari mendisain rumah tinggal kalangan kelas atas Jerman.

Setelah bencana Perang Dunia 1, gaya arsitektur tradisional yang menempelkan ornamen kepada konstruksi struktur modern tanpa fungsi yang jelas dinilai sebagai salah satu bentuk simbol kegagalan Pemerintahan Imperial di Eropa . Mies Van Der Rohe mengedepankan ide bahwa Arsitektur mengkomunikasikan arti dan hubungan dengan budaya tempat bangunan berada ,mengunakan filosofi sebagai dasar ia bekerja .

Salah satu karya paling terkenal dari Mies Van Der Rohe tahun 1940 , sebuah rumah peristirahatan di luar Chicago milik psikiater Edith Farnsworth . Sebuah Kotak Transparan dengan struktur baja, Farsnworth House adalah sebuah rumah minimalis yang sangat radikal pada masa itu, dan disebut sebagai model arsitektur internasional modern .

untuk lebih lengkap bisa lihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Mies_Van_De_Rohe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s